Selasa, 14 Desember 2010

POTENSI DESA PAGERUYUNG KEC.PAGERUYUNG KAB. KENDAL

Desa Pageruyung adalah desa yang sebagian besar wilayahnya merupakan daerah tanah kering yang digunakan untuk area pekarangan dan kebun. Sebagian besar penduduk di desa Pageruyung berpencaharian sebagai petani dan peternak, terutama ternak ayam,
Program kerja bidang ekonomi yang dilaksanakan pada KKN di Desa Pageruyung adalah “Pembuatan Garang Asem Khas Pageruyung” dengan memanfaatkan potensi desa berupa ternak ayam :

Peranan teknologi informatika dalam memasarkan potensi daerah desa pageruyung ( pembuatan Garang Asem )
Program Peranan Teknologi Informatika dalam Memasarkan Potensi Daerah Desa Pageruyung (Pembuatan Garang Asem) diadakan berdasarkan hasil observasi yaitu kurangnya potensi desa khusunya ibu-ibu dalam mengasah kemampuan mereka dan memasarkannya agar warga desa Pageruyung mendapatkan pemasukan mandiri untuk ekonomi mereka.Penanggung Jawab program ini adalah Steffie Mega Mahardhika dan Rizky Yulian Saputra.
Program ini telah dilakukan pada hari Senin tanggal 6 Desember 2010.Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Cepit Kulon. Program dilakukan dengan cara mengumpulkan ibu-ibu dusun cepit kulon untuk melihat demo pembuatan Garang Asem oleh mahasiswa KKN UNNES. Sasaran kegiatan ini adalah warga desa pageruyung yang diwakili oleh ibu – ibu dusun Cepit Kulon. Harapannya setelah mendapatkan penyuluhan warga dapat mempraktekannya untuk santapan rumah ataupun untuk diperkenalkan dan diperjual belikan melalui media Teknologi Informatika.
 



RESEP GARANG ASEM KHAS PAGERUYUNG

Garang Asem Khas Pageruyung

Bahan: ayam
Bumbu :
  1. Kelapa
  2. Bawang merah, dan putih
  3. Cabai merah
  4.  Laos
  5.  Miri
  6.  Merica
  7.  Garam
  8.  Jahe
  9.  Salam
  10. daun jeruk
  11. Cabe rawit
  12. Belimbing wuluh atau tomat hijau
  13. Gula merah
  14. Penyedap
Cara;
  1. Rebus ayam, beri garam secukupnya
  2. Kelapa diparut lalu diperas jadi santan
  3. Bumbu dihaluskan semua
  4. Tomat dipotong – potong
  5. Campurkan bumbu dengan santan
  6. Masukkan ayam ke santan yang sudah dicampur bumbu
  7. Masukkan adonan dengan tomat, cabai, daun jeruk,/salam kedalam plastik, lalu bungkus dengan daun pisang
  8. Kukus ½ jam (selama 30 menit)

1 komentar: